Behind The Book of "Biji Gandum"







Hi, it's been a long time.
Kali ini ingin bercakap santai tentang BGHYS.

My debut book.

BGHYS. Biji Gandum: Hamba yang Setia Hingga Akhir. 
Sejak kecil, aku tidak punya mimpi. Aku tidak tahu aku ingin menjadi apa. Namun tahun lalu tiba-tiba saja aku punya sebuah keinginan: "setidaknya sebelum habis umurku di bumi, aku ingin menulis satu buku". Dan hari ini mimpi itu tercapai. Hari ini, saat aku menulis halaman ini adalah pertama kalinya aku melihat wujud fisik buku Biji Gandum. Kalau boleh jujur, aku sendiri tidak menyangka mimpi itu menjadi kenyataan secepat ini. Mungkin banyak orang yang sudah bisa menulis buku diusia yang lebih muda dariku, dan bahkan mungkin mereka sudah menghasilkan banyak buku. Tapi tetap saja bagiku ini adalah ketidak mungkinan yang menjadi mungkin. Akhirnya anak pertamaku lahir!

Tidak tahu apakah ini akan menjadi buku pertamaku, atau bisa jadi ini adalah buku pertama dan terakhirku. Aku mulai menulis sejak tahun 2017. Saat itu aku sedang mengerjakan skripsi ekspresku, dan entah kenapa ditengah keriwehan itu aku membuat blog lalu mencoba menulis, disitu aku menemukan kebahagiaan yang belum pernah kurasakan sebelumnya, rasanya seperti hidup kembali hehe. Jadi waktu aku stres skripsian maka aku akan menulis di halaman blog. Waktu itu aku hanya suka menulis, tidak tahu apakah tulisanku itu bagus atau tidak yang penting aku suka menulis dan itu menjadi salah satu stress rilisku.

Sekarang pun, aku tidak tahu apakah tulisanku bagus atau tidak, dan bahkan aku tahu masih sangat banyak kekurangan dalam penulisan buku Biji Gandum ini. Tapi yang jelas dalam seluruh proses penulisan buku ini aku banyak belajar. Mulai dari pembuatan draft outline, penulisannya, dan bahkan administrasi dan pendistribusiannya, diseluruh prosesnya aku belajar. 

Through the process 

Bisa dibilang buku ini adalah hasil karantina korona, yap buku ini ditulis saat saya melakukan self quarantine during this pandemic. Proses penulisan kontennya sendiri selama kurang lebih 1,5 bulan.

Dalam proses penulisannya sendiri, tidaklah mudah. Karena saya pribadi sudah pergi merantau sejak 2014, jadi saya sudah tidak terlibat langsung di pelayanan pemuridan Solo, jadi kalau disuruh nulis tentang pemuridan ya... Hmmm gimana ya wkwk. Jadi mau tidak mau harus belajar, kembali membuka-buka makalah retreat, mendengarkan rekaman training, bahkan melihat video pemuridan. Hal itu tidak mudah bagiku, karena aku dipaksa melihat dan mendengar suara papi. Mungkin temen-temen pelayanan Solo can relate yaa, kalau-kalau harus denger rekamannya pasti auto RMG. Tapi kalau hal itu tidak kulalui, maka buku ini tidak akan jadi. 

Saya yakin sebenarnya banyak teman-teman dan juga kakak-kakak senior yang lebih paham mengenai pemuridan dibanding aku. Saya tahu, pengetahuan dan pengalamanku sangatlah kurang. Tapi satu hal yang mempermudah ku memahami tentang pemuridan, yaitu karena sampai sekarang saya dimuridkan. Bersyukur karena seorang kakak yang sampai sekarang masih setia memuridkanku, saya jadi paham betul bagaimana proses pemuridan itu. Bahwa semua filosofi dan prinsip pemuridan itu bukan hanya teori belaka, tetapi benar-benar aku alami. Terima kasih kepada tante Tia yang telah mempermudah semuanya ini hehehe.

Jadi buku BGHYS ini tentang apa sih?

Temen-temen buku ini bukan berisikan biografi Gunawan yaa. Jadi buku ini berisikan tentang penyarahan hidup Gunawan untuk melakukan pelayanan pemuridan. Selain itu di buku ini juga dijelaskan tentang pola pemuridan yang ditangkap dan yang selama ini telah dilakukan oleh Gunawan. Di dalamnya juga ada sharing dari buah-buah rohani Gunawan dari berbagai macam kota, usia dan prosesi.

Apa tujuan dari buku ini?

Buku ini diperuntukkan untuk kakak-kakak alumni, berharap melalui buku ini bisa membangkitkan kembali semangat pemuridan melalui bidang-bidang profesi mereka sekarang. Kemudian buku ini juga diperuntukkan bagi teman-teman pekerja, berharap melalui buku ini semangat teman-teman pekerja bisa menangkap visi pemuridan secara jelas, terus berkobar untuk memuridkan dan terus setia untuk dimuridkan. Dan diperuntukkan untuk adik-adik yang dimuridkan, supaya bisa memahami pentingnya pemuridan. Secara umum saya juga berharap orang bisa mengerti injil keselamatan melalui buku ini.

Di balik cover BGHYS

Oh ya, sampul buku ini di desain khusus oleh adik saya Agni Flamiadi. Sangat berterima kasih karena ditengah-tengah kesibukannya mau untuk membuatkan sampul buku ini dan ada artinya lhoh! Jadi kalau temen-temen lihat maka akan ada banyak butir biji gandum di cover itu, nah di antara biji-biji itu, di sebelah kanan bawah ada biji gandum yang menjadi banyak. Jadi artinya, ada banyak orang yang adalah biji gandum, tetapi tapi bedanya biji gandum yang satu di kanan bawah itu mau mati, sehingga biji itu menjadi banyak.

Thanks to

Saya tidak sendirian menyusun buku ini, banyak orang yang harus kuucapi terima kasih. Buku ini disusun bersama dengan Pelayanan Tim Literatur Perkantas Solo, yang diketuai oleh dr. Wahyu Kurniawan, dan beranggotakan: Yohanes Agung Nugroho, Sabda Wahyudi, Cucuk Kustiawan dan Edi Agus. Terima kasih juga BPR yang sudah melaksanakan peluncuran buku ini dan tentunya juga terus mendukung kami. Berterimakasih juga kepada bala bantuan yang datang, untuk mas Lingga dan mb Reta terima kasih atas kerja keras kebut kilatnya untuk mengatur tata letak buku ini. Juga untuk Karina dan dr. Alma yang telah membantu administrasi dan pendistribusiannya.

Terima kasih juga kakak tante om alumni yang mau membagikan kisahnya dan menjadi bagian dalam buku ini. Juga terima kasih untuk kakak-kakak yang terus mendukung dan mendoakan proses buku ini sampai jadi. 

Special thanks to: 
- My mom yang sangat mendukung dan terlibat langsung dalam proses pemikirkan ide, penyusunan buku, hingga editing. 
- Tante Ina, Om Has & Tante Rut, Nok & Om Dan yang banyak mendukung buku ini dan terus menopang keluarga kami.
- Koh Edi yang mengurus banyak tanggung jawab administrasi, percetakan dan pendistribusian.

Akhir kata, terima kasih kepada pembaca semua, dan terima kasih karena telah setia terus menunggu. Buku ini tidak mungkin ada tanpa dukungan dari teman-teman semua.
Aku harap saat membaca postingan ini, bukunya udah sampai ke tangan temen-temen ya.

Oh ya bagi yang masih ingin memesan buku, bisa menghubungi 082137311131 (Edi), selama persediaan masih ada.





For from his fullness we have all received, grace upon grace.
John 1:16 (ESV)



Jangan berhenti karena kehilangan.
Best Regards,
Grace.

Comments

Popular Posts