Psikolog dan Psikiater, apakah sama?





tante X    : kuliahnya jurusan apa nik?
Me          : psikologi tante
tante X   : oh nanti kalo lulus jadi psikiater ya
Me be like .__.

Sering sekali dengar pertanyaan seperti itu, jadi dari sini saya menyimpulkan masih banyak banget orang yang ga tau perbedaan psikolog dan psikiater. Jadi sebenarnya apakah psikolog dan psikiater itu adalah profesi yang sama? Sama apa beda hayo?

Psikolog dan Psikiater adalah dua profesi yang berbeda. Sekali lagi ya, BERBEDA. Psikolog dan Psikiater memang bekerja di bidang yang hampir sama dan juga profesi yang sangat sering bertemu dan saling membutuhkan. Selain itu persamaan yang lain psikolog dan psikiater sama-sama mempelajari tentang gangguan kejiwaan.


Psikolog

Psikolog merupakan sebuah gelar yang akan didapatkan setelah seorang mahasiswa menyelesaikan studi magister profesi psikologi. Jadi setelah lulus S1, lanjut ke S2 magister profesi psikologi, setelah lulus maka akan mendapatkan gelar M.Psi., Psikolog. Gelarnya dua langsung? iya karena itu adalah sekolah magister + profesi. Nah psikolog akan menganalisis klien lebih dari sisi psikis. Misal melihat perubahan perilaku, atau perilaku yang ditunjukkan dari klien tersebut. Psikolog tidak diperbolehkan memberikan resep dan obat-obatan.


Psikiater

Sementara psikiater merupakan dokter yang mengambil spesialis dibidang kedokteran jiwa, gelarnya adalah Sp. KJ. Psikiater akan mencoba membahas sisi biologis dulu sebelum kemudian mendiagnosis pasien. Psikiater boleh memberikan resep dan obat-obatan.

Is that clear now? Jadi dari sini udah kelihatan jelas banget kalo berbeda, karena dari program studi jurusan S1-nya aja sudah beda, jadi jangan salah paham lagi ya, hehehe

Hope this information will be helpful, and see you on the next page!
regards, Grace ❤

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Informasinya mantap buanget
    ketemu blog anak psikologi, tapi kok tulisannya sedikit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts